Posting

Wednesday, July 27, 2011

Cara memasang widget di Blog

Beberapa orang mengalami kesulitan atau masalah ketika menggunakan pos otomotis untuk memasang widget ke blog mereka di Blogspot. Ada yang memperoleh pesan error atau failed (gagal). Ada juga yang mengalami kesulitan lain sehingga tidak bisa memasang widget secara otomatis.

Tutorial ini bertujuan untuk memberi petunjuk, langkah demi langkah bagaimana cara memasukkan atau memasang widget tersebut secara manual di Blogpspot.

Menggunakan HTML Gadget
1. Salin (copy) kode widget yang tersedia di setiap halaman widget gratis. lalu copy "Embed code".
2. Masuk ke halaman pengelolaan blog anda di Blogspot.
3. Tambahkan gadget HTML baru.(Klik tulisan "Tambah Gadget"
4. Cari tulisan "HTML/JAVASCRIPT".


*NB Nomor 2. : Kunjungi www.blogger.com dan masukkan akun Google anda beserta kata sandinya. Jika semua berjalan lancar anda akan dibawa ke halaman pengelolaan blog anda. Jika anda memiliki lebih dari satu blog, maka akan muncul daftar blog anda di sana. Klik tombol TATA LETAK pada daftar blog yang anda ingin pasangi widgetnya. Sebuah diagram tampilan blog anda beserta komponen pelengkapnya akan tertampil.

*NB Nomor 3. : Cari tombol Tambah Gadget pada tampilan tata letak blog anda. Tergantung dengan tema blog yang anda pakai, tombol ini bisa berada di mana saja dan bisa berjumlah lebih dari satu. Pilih tempat yang anda inginkan widget akan tertampil dan klik tombol tersebut.

*NB Nomor 4. : Sebuah kotak bertajuk Konfigurasi HTML/Javascript akan tertampil. Di sana anda dapat mengisi judul dari gadget ini yang akan ditampilkan bersama widget. Pada bagian Konten, masukkan atau sisipkan kode widget yang telah anda salin pada langkah 1 dengan menekan Ctrl-V atau klik-kanan dan kemudian Paste. Selanjutnya tekan tombol SIMPAN.

Anda akan kembali ke halaman pengelolaan Tata Letak blog anda dan sebuah pesan akan memberitahu anda bahwa sebuah elemen halaman baru telah ditambahkan. Anda juga dapat melihat Judul dari Gadget yang baru saja anda tambahkan telah muncul di tempat penambahannya (langkah 3). Untuk melihat hasil penambahan widget islami Alhabib ini, klik tombol PRATINJAU. Jika anda puas, jangan lupa menekan tombol SIMPAN pada halaman Tata Letak ini untuk menyimpan perubahan tampilan blog.

Demikianlah cara manual untuk memasang widget. Semoga bermanfaat dan berhasil menampilkan widget-widget populer untuk para pengunjung blog anda.

Tuesday, July 26, 2011

Software and Brainware

2.2 Perangkat Lunak Komputer (software)

Software (perangkat lunak atau program) adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang diatur sedemikian sehingga komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara tertentu. Bentuk terkecil dari software adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini di susun software / perangkat lunak.
A. Perkembangan software

Perkembangan software dibagi kedalam empat periode yaitu :

1. Periode Pioner
2. Periode Stabil
3. Periode Mikro
4. Periode Modern

a. Periode Pioner (1950 – 1963)

* Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabelke antar bagian dalam komputer
* Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin dan digunakan untuk tujuan tertentu
* Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesaidikerjakan komputer berupa print out.
* Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang diproses secara berurutan

b. Periode Stabil (1963 – 1980)

* Pada era stabil penggunaan komputer sudah cukup meluas dan banyak digunakan di berbagai kalangan
* Perusahaan perangkat lunak bermunculan
* Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer dilakukan secara serempak (multi tasking)
* Satu perangkat lunak dapat digunakan oleh banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time)
* Mulai diperkenalkan sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses)

c. Periode Mikro (1980 – 1990)

* Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal, dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu
* Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

d. Periode Modern (1990 – …)

* Perangkat lunak/software terdapat pada hampir semua perangkat elektronik
* Semua perangkat yang memiliki software dapat saling terhubung (otomatisasi)
* Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya.
* Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar

B. Klasifikasi Perangkat lunak

1. Perangkat lunak SISTEM, yaitu Perangkat lunak yang khusus berkaitan dengan hardware sistem komputer
2. Perangkat Lunak APLIKASI, Perangkat lunak yang umumnya digunakan untuk mengolah data

a. Perangkat Lunak Sistem

* Sistem Operasi
* Bahasa Pemrograman
* Sistem Utility

Sistem Operasi

* Saat komputer pertama kali dihidupkan, sistem operasi adalah software yang pertama kali dijalankan untuk mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, mengatur penggunaan memori, dll
* Contoh Operating System :Dos, Windows, Linux, Unix, OS, Apple System, Novell, dll

Bahasa Pemrograman

* Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma rancangan manusia (programmer) kedalam format yang dapat dijalankan komputer
* Contoh : Basic, Pascal, Fortran, C, dll

System Utility

* Merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya menjalankan hardware, pemeriksaan hardware, memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), dll
* Contoh : Hardware Driver, Norton Utility, PC Tools, dll

b. Perangkat Lunak Aplikasi

* Pengolah Kata
* Contoh : Word Star, Chi Writer, Ms Word, dll

* Spread Sheet
* Contoh : Lotus, Excel, SPSS, dll

* DBMS
* Contoh : Dbase, Access, FoxPro, dll

* Multimedia
* Contoh : Media Player, Winamp, Pinnacle Studio, dll

* Aplikasi Games
* Contoh : Mini Games, Heavy Games, dll

2.3 Pengguna Komputer (brainware)

Brainware atau pengguna komputer (user) terdiri dari beberapa tingkatan tergantung pada media organisasinya. Tingkatan brainware terdapat pada struktur jaringan, internet platform, dan program builder.
a. Network Platform

* Administrator
* Backup Operator
* Network Config Operator
* Power User
* Remote Desktop User
* Replicator
* User
* Guest
* Debugger User
* Help Services Group

b. Network Platform

* Web Master
* Designer
* Operator
* User

c. Software Builder

* Analisis Sistem
* Programmer
* Operator